Tujuan Umum Mata Kuliah

Setelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini, mahasiswa mengetahui dan memahami konsep dasar sistem penganggaran menyeluruh dan mampu melakukan  praktik penyusunan budget menyeluruh, budget produksi, budget bahan baku, budget tenaga kerja, budget biaya overhead, budget biaya administrasi umum, capital budgeting, budget kas,  proyeksi laporan keuangan, dan analisis anggaran

Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran mata kuliah ini adalah metode ceramah bervariasi, latihan, pemberian tugas, dan pembahasan kasus.

Deskripsi Materi Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar sistem penganggaran menyeluruh, langkah-langkah penyusunan anggaran, penyusunan anggaran penjualan, anggaran produksi, anggaran bahan baku, anggaran tenaga kerja, anggaran biaya overhead dan biaya umum, proyeksi laba/rugi, capital budgeting, dan penyusunan proyeksi arus kas, dan analisis anggaran

Media Pembelajaran

Pembelajaran mata kuliah ini menggunakan variasi dari beberapa media yang tersedia. Visualisasi konsep-konsep materi perkuliahan disajikan dengan menggunakan OHP dan LCD projector. Perangkat lunak sistem komputer yang dominan digunakan dalam visualisasi materi adalah Microsoft Power Point. Di samping itu digunakan jobsheet untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penyusunan anggaran menyeluruh.

Evaluasi Hasil Belajar Mahasiswa

Keberhasilan belajar mahasiswa ditentukan berdasarkan partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan, pengerjaan tugas-tugas, dan keikutsertaan dalam ujian. Nilai akhir ditentukan dari komponen-komponen nilai tugas, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. Tugas-tugas yang harus dikerjakan mahasiswa terdiri dari tugas-tugas individual dan tugas-tugas kelompok. Ujian tengah semester dan ujian akhir semester dilaksanakan dalam bentuk ujian tulis yang menitikberatkan pada kemampuan mahasiswa dalam menganalisis kasus/permasalahan yang diajukan.

Garis Besar Materi Setiap Pertemuan

Pert. Ke

Garis Besar Materi Kuliah (TOPIK)

1

Gambaran umum tentang anggaran

2

Anggaran Penaksiran

3

Anggaran Penjualan

4

Anggaran unit yang akan di produksikan

5

Anggaran Bahan Baku (Mentah)

6

Anggaran Biaya Tenaga Kerja Langsung

7

Anggaran Biaya Pabrik Tidak Langsung

8

Ujian Tengah Semester

9

Anggaran Persediaan

10

Anggaran Biaya Pemasaran

11

Anggaran Piutang

12

Anggaran Utang

13

Anggaran kas

14

Anggaran Modal

15

Laporan Anggaran

16

Ujian Akhir Semester


Daftar Pustaka Utama

1.       Budgeting: Profit Planning and Control, (Welsch)

2.       Management Accounting, (Hansen & Mowen)

3.       Management Accounting, (Atkinson & Kaplan)