Ekonomi regional adalah mata kuliah inti kurikulum KKNI pada program studi ekonomi syariah konsentrasi ilmu ekonomi syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Ilmu ekonomi regional merupakan bagian dari ilmu ekonomi, dimana secara spesifik membahas tentang wilayah ekonomi dari suatu negara dengan mempertimbangkan kondisi dan sumber daya alam serta sumber daya manusia yang tersedia disetiap wilayah. Ilmu ekonomi regional tidak membahas tentang kegiatan individu, tetapi melainkan menganalisis suatu wilayah secara keseluruhan dengan mempertimbangkan potensi yang beragam yang dapat dikembangkan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dari wilayah yang bersangkutan.

Mata kuliah ini membantu mahasiswa mampu menganalisis tentang lokasi agar mengetahui potensi yang ada di daerah-daerah. Ekonomi regional merupakan gabungan dari berbagai disiplin ilmu yang digunakan untuk menganalisis kondisi suatu wilayah, dengan menekankan analisisnya pada aspek sosial ekonomi dan geografi yang lebih menekankan analisisnya pada aspek tata ruang, tata guna lahan dan perencanaan.

Dengan mempelajari ekonomi regional, seseorang akan mampu membuat perencanaan pembangunan. Karena dapat berperan dalam penentuan kebijakan awal, seperti penentuan komoditi unggulan dan di wilayah mana komoditi itu dapat dikembangkan.

Matakuliah ini bersifat interkonektif dan integratif dengan sejumlah matakuliah keahlian dan pendukung. Matakuliah ini didukung oleh matakuliah ekonomi makro dan ekonomi pembangunan. Matakuliah ini akan banyak mengembangkan kemampuan analisis mahasiswa untuk membuat perencanaan suatu wilayah.